A New Day has Come.

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk mengalokasikan dana sebesar Rp 100 miliar hingga Rp 150 miliar untuk mengakuisisi 75 persen saham sebuah perusahaan di bidang layanan teknologi informasi. Sesuai jadwal, kesepakatan pembelian saham itu ditandatangani kemarin.

“Ya, hari ini (kemarin, Red) akan ditandatangani perjanjian jual belinya,” kata Direktur Utama PT Telkom Tbk Rinaldi Firmansyah di kantornya, Jalan Gatot Subroto, kemarin (22/1). Dengan mengambil 75 persen saham, Telkom bakal menjadi pengendali utama perusahaan provider information services itu.

Rinaldi menuturkan, dengan akuisisi perusahaan di bidang layanan teknologi informasi itu, maka kinerja keuangan serta pelayanan Telkom akan bertambah. Apalagi, provider informasi yang diakuisisi Telkom itu memiliki sekitar satu juta pelanggan. “Karena itu, kita bisa menambah layanan data Telkom dan menjual service serta aplikasi,” jelasnya.

Dia menambahkan, anak usaha yang baru diakuisisi tersebut akan menjadi cikal bakal layanan E-Health atau layanan elektronik berbasis layanan kesehatan. ”Sudah ada satu yang deal. Hari ini kita signing CSPA (conditional sales purchase agreement, Red). Ini cikal bakal layanan E-Health,” tuturnya.

Selain provider informasi, Telkom juga berencana mengakuisisi dua perusahaan yang bergerak di bidang aplikasi servis. Dana yang disiapkan untuk akuisisi tersebut sekitar Rp 1 triliun. Dana tersebut berasal dari belanja modal Telkom 2010 yang mencapai USD 2 miliar, termasuk Telkomsel. “Sebenarnya, Telkom tidak akan terlalu aktif dalam melakukan akuisisi perusahaan provider. Kami lebih fokus pada perusahaan teknologi dan informasi,” tuturnya.

Vice President Public and Marketing Communication PT Telkom Tbk Eddy Kurnia menambahkan, saat ini pihaknya juga menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) untuk pengembangan dan pemanfaatan teknologi satelit dan produk lainnya. Kedua belah pihak juga menandatangani perjanjian kerja sama keikutsertaan Lapan dalam program Internship Proyek Satelit Telkom-3.

Salah satu ruang lingkup kerja sama meliputi penyertaan personel Lapan untuk mengikuti program internship pada pabrik satelit Telkom-3 di Rusia. ”Kerja sama juga mencakup pemanfaatan data Citra-Satelit yang disediakan Lapan guna memenuhi kebutuhan Telkom untuk perencanaan, operasional, pemeliharaan, pemasaran, dan kebutuhan lainnya,” jelasnya.

Cakupan kerja sama lainnya berupa penyertaan personel Telkom dalam program pelatihan pengolahan data citra satelit Lapan serta pemanfaatan fasilitas Telemetry Tracking & Command (TT&C) milik Lapan untuk back-up operasi pengendalian satelit Telkom-1, Telkom-2 dan Telkom-3 dalam kondisi darurat. Kerja sama juga dilakukan dalam pemanfaatan produk-produk Telkom untuk memenuhi kebutuhan fasilitas telekomunikasi Lapan, serta desain dan perencanaan sistem satelit komunikasi GEO maupun LEO. (luq/fat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: