A New Day has Come.

Instalasi Ubuntu

Instalasi Ubuntu

Instalasi ubuntu emang agak ribet. Tidak sama dengan instalasi windows, tinggal next next saja…

Install Opera di Ubuntu

setiap kita akan melakukan instalasi hendaknya qta masuk sebagai superuser atau istilahnya root dengan cara ketik ‘sudo -s’  lalu enter dan masukkan password sehingga yang awalnya bergambar $ menjadi # sebelum kursor perintah

instalasi opera di ubuntu disini saya menggunakan repository dari opera sendiri di termnial anda ketik
#wget -O – http://deb.opera.com/archive.key | sudo apt-key add –
setelah selesai ketik printah install
#sudo apt-get install debian-archive-keyring
lalu ketik
#apt-get update
dan yang terakhir
#apt-get install opera
selamat mencoba…!
repository opera

deb http://deb.opera.com/opera/ stable non-free
repository Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope
deb http://archive.canonical.com/ jaunty partner
repository Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex
deb http://archive.canonical.com/ intrepid partner
repository Ubuntu 8.04 LTS Hardy Heron
deb http://archive.canonical.com/ hardy partner

sharing printer (Epson C90)

setelah kita install printer dan kita mempunyai kabel jaringan ngapai susah-susah kalo pas mau ngeprint pake simpan k flasdisk atau di simpan ke folder server, di sini kita akan membahas sharing printer yang mana fungsinya agar ketika kita dalam satu jaringan local bisa ngeprint dari komputer masing-masing tanpa harus pindah-pindah capek deh.. oke ke pokok permasalah. jika komputer server printer anda belum terinstall cupsnya coba anda ketik
<!–

–> 

apt-get install cupsys cupsys-driver-gutenprint foomatic-db-gutenprint foomatic-filters fontconfig libtiff4 libfreetype6
setelah selesai  instalas restart jaringan anda dengan cara ketik : /etc/init.d/networking restartlalu edit file cupsd.conf yang ada di /etc/cups/cupsd.conf dengan cara ketik sudo pico /etc/cups/cupsd.conf dan ganti anda tambah perintah-perintahnya seperti di bawah ini :
<!–

–>

# Encryption
Encryption IfRequested# Show general information in error_log.
LogLevel info
SystemGroup lpadmin
# Allow remote access
Port 631
#Listen localhost
Listen 192.168.0.101
Listen /var/run/cups/cups.sock# Show shared printers on the local network.
Browsing On
BrowseOrder allow,deny
BrowseAllow @LOCAL
# Restrict access to the server…
Order allow,deny
Allow localhost
#Allow localhost
Allow 192.168.0.*
# Set the default printer/job policies…

# Job-related operations must be done by the owner or an administrator…

Require user @OWNER @SYSTEM
Order deny,allow
# All administration operations require an administrator to authenticate…

AuthType Basic
Require user @SYSTEM
Order deny,allow
# Only the owner or an administrator can cancel or authenticate a job…

Require user @OWNER @SYSTEM
Order deny,allow

Order deny,allow
lalu restart cups anda dengan cara /etc/init.d/cupsys restart, oke deh uda selesai instalasi di server dan untuksharing di client(komputer lain) kita tinggal membuat file client.conf di /etc/cups/client.conf
dan masukkan perintah di bawah ini
servername 192.168. 0.101
lalu simpan dan restart cups client dengan ketik /etc/init.d/cupsys restart
selesai sudah untuk sharing printer dan keterangan diatas  adalah di asumsikan IP server 192.168.0.101 kalo ip server anda tidak seperti di atas maka yang harus di ganti hanya IP 192.168.0.101 dengan Ip yang di server and semoga membantu.

Install  prozilla

Prozilla adalah Aplikasi pengganti IDM di windows, dan sebelum anda menginstal prozillaada baiknya anda download programnya dari Sini
atau bisa juga anda masuk ke terminal, dan masuk sebagai root (#) dan ikuti langkah2 berikut
#wget -c http://old-releases.ubuntu.com/ubuntu/pool/universe/p/prozilla/prozilla_1.3.7.4-1_i386.deb
#sudo dpkg -i prozilla_1.3.7.4-1_i386.deb
setelah itu selesai atur atau edit hasil penyimpanan di prozilla.conf dengan cara :
#sudo pico /etc/prozilla.conf
dan di akhir sendiri pada
#mainoutputdir = . rubah menjadi
mainoutputdir = /home/enter/Dokument
lalu simpan
* contoh diatas berarti hasil downloadan kita simpan di Dokument (‘/home/enter/Dokument”);

Cara install Aplikasi Winamp di Ubuntu

kebetulan saya memakai aplikasi Audacious yang dasar kerjanya sama halnya dengan winamp yaitu menjalankan musik hehehehe, dan cara instalasi Audacious melalui terminal (kotak perintah manual dari ubuntu)  :
Masuk ke Aplliaction ==> Accessories ==> Terminal ==> masuk sebagai root dengan cara
home@enternet $ sudo -s
lalu masukkan password root anda dan ketik
root@enternet# apt-get install audacious
proses installasi selesai dan  silahkan anda lihat di
Applications ==>  Sound & Video ==> Audacious 

Deepfreeze ubuntu

cara instalasi deepfreeze di ubuntu sebelumnya anda bisa download filenya di Sini
atau juga bisa melalui terminal (Apliaction-terminal)
anda ketik : wget -c  http://enterrahayu.webs.com/lethe_0.2.ubuntu-r1_i386.deb
 

setelah download file diatas lakukan perintah
sudo apt-get install aufs-*
lalu mulai deh instalasi dengan cara
 

dpkg -i lethe_0.1-3-rev200905141647.ubuntu_i386.deb
selamat mencoba 


Install billing ccl di ubuntu

setelah mencari kesana kemari tntang billing buat warnet akhirnya ketemuan jg n instalasi ini membutuhkan empat paket debian di antaranya
1. libccls_0.7.1-2_i386.deb
2. cclfox_0.7.1-2_i386.deb
3. libcclc_0.7.1-2_i386.deb
4. cclcfox_0.7.1-2_i386.deb
dan juga membutuhkan prgram pmbantu seperti 

  • sqlite3
  • glib2.0
  • libfox-1.6-0
  • openssl

oke deh sekarang mulai instalasi billing
1. Download empat paket debian diatas di
paket1 untuk server
paket2 utk server
paket1 utk client
paket2 untuk client 2. setelah download empat paket di atas masuk ke terminal sebagai super user dan install empat pembantu seperti yang diatas
#apt-get install sqlite3 libsqlite3-dev
#apt-get install libfox-1.6-0
#apt-get install libglib2.0-dev
#sudo apt-get install libssl-dev
dan edit file /etc/ld.so.conf
tambahkan seperti di bawah ini :
/usr/lib
/usr/local/lib

keluar dan simpan lalu ketik
ldconfig
akhirnya proses intalasi billing uda 95% sekarang kita install paket debian tadi yang sudah anda download :
untuk server
dpkg -i libccls_0.7.1-2_i386.deb
dpkg -i cclfox_0.7.1-2_i386.deb
untuk client
dpkg -i libcclc_0.7.1-2_i386.deb
dpkg -i cclcfox_0.7.1-2_i386.deb
dengan perinta yang terakhir selesai sudah instalasi billing warnet sekarang di server ketik
cclfox -nossl
sedangkan di client ketik
cclfox -host 192.168.0.1 -name client1 -nossl
HOST(192.168.0.1) tergantung server yg diinstall berapa nomer IP server
selamat mencoba..!

install VirtualBox

VirtualBox adalah apa ya?, heheh aku sendiri juga ga tahu pastinya, yg aku faham virtual box itu untuk mnambah OS di dlm OS contohnya seyelah kita binstall ubuntu dan kita ingin sekalian menjalankan xp (bukan dual boot) dan caranya sebagai berikut :
seperti biasa jika kita ingin install aplikasi harus masuk dulu ke sebuah terminal, dan anda ketik di terminal seperti di bawah ini
$sudo apt-get install virtualbox-ose virtualbox-ose-source
setelah selesai proses install coba d cek dari Apliation ==? System ==> Virtual box uda gtu aja kok repot hehehehe maknyus tenan tinggal anda nyiapin OS ap yang mau di install!!

mempercepat booting di ubuntu

lambat tidak suatu proses booting tergantung pada waktu pembacaan beberapa aplikasi, lebih banyak aplikasi yang di baca lebih lambat pula proses booting dilakukan, nah di sini akan dibahas tentang mempercepat proses booting dengan cara menghapus startup-startup yang ada, tp klo bs kita masuk pada super user, dan yang di hapus adalah sebagai berikut :
powernowd&powernowd.early dg cara
#updat-rc.d -f powernowd remove
#update-rc.d -f powernowd.early remove
checkfs.sh dg cara

#update-rc.d -f checkfs.sh remove
nvidia-kernel dg cara
#update-rc.d -f apport remove
apport dg cara

#update-rc.d -f apport remove
hplip dg cara
#update-rc.d -f hpli[ remove
avahi-daemon dg cara

#update-rc.d -f avahi-daemon remove
xserver-xorg-input-wacom dg cara
#update-rc.d -f xserver-xorg-input-wacom remove
semoga bisa membantu

KOPAS

Klo gak mau download krn kelamaan, 6 DVD repro bisa dipesan di
http://http://juragan.kambing.ui.edu
Sudah punya ke-6 DVD-nya, maka buat ISO image satu persatu, langkah2nya: 

masukan DVD satu persatu ke DVD-ROM
# dd if=/dev/scd0 of=/home/repro-iso/ubuntu-8.10-repository-i386-1r2_contrib.iso
# dd if=/dev/scd0 of=/home/repro-iso/ubuntu-8.10-repository-i386-2_contrib.iso
# dd if=/dev/scd0 of=/home/repro-iso/ubuntu-8.10-repository-i386-3_contrib.iso
# dd if=/dev/scd0 of=/home/repro-iso/ubuntu-8.10-repository-i386-4_contrib.iso
# dd if=/dev/scd0 of=/home/repro-iso/ubuntu-8.10-repository-i386-5_contrib.iso
# dd if=/dev/scd0 of=/home/repro-iso/ubuntu-8.10-repository-i386-6_contrib.iso
4. Sudah siap file ISO-nya, maka kesemuanya bisa di mount kedalam folder ftp satu persatu
seperti yg dibuat tadi, agar setiap restart berjalan maka bisa mengedit file/etc/rc.local

# mount -o loop /home/repro-iso/ubuntu-8.10-repository-i386-1r
kopas from:
http://enterrahayu.webs.com/linux.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: